Saka Bhayangkara

Sifat dan Fungsi Saka Bhayangkara

HAI…Kembali lagi dengan Kanal Pramuka. Disini anda bisa menemukan apapun tentang kepramukaan.

Mari kita lanjut mengenai pembahasan Saka Bhayangkara. Kali ini, penulis akan membahas sifat dan fungsi yang ada dalam Saka Bhayangkara. Yang menjadi pertanyaan, “Apakah sebuah organisasi bisa memiliki sifat dan fungsi yang bersamaan?” Sebelum masuk ke inti, penulis ingin memberitahu apa itu sifat dan fungsi.

Sifat adalah ciri khas yang ada pada sesuatu. Sedangkan fungsi adalah kegunaan suatu hal. Jadi bisa dibayangkan fungsi dapat berjalan dengan baik apabila memiliki ciri khas yang bersumber dari sesuatu tersebut.

Sama dengan Saka Bhayangkara. Saka Bhayangkara memiliki sifat terbuka sehingga fungsinya pun pastinya dilakukan secara nyata dan pasti. Berikut penjelasan sifat dan fungsi dari Saka Bhayangkara.

Sifat Saka Bhayangkara

Menurut buku “Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Bhayangkara“, Saka Bhayangkara bersifat terbuka bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, baik putra maupun putri berasal dari gugusdepan di wilayah ranting atau cabangnya.

Artinya, Saka Bhayangkara merupakan organisasi yang sifatnya terbuka bagi siapapun mereka yang mengikuti organisasi kepramukaan.  Walaupun organisasi yang terbuka, ada beberapa syarat yang harus dijalankan sebelum mengikuti organisasi yang satu ini. Tenang, syarat akan dijelaskan penulis di postingan selanjutnya.

Ini bukan hanya terbuka pada organisasi. Melainkan mengajarkan betapa pentingnya pertahanan negara sehingga siapapun dapat berperan sebagai orang-orang yang menjaga pertahanan negara tanpa memandang bulu.

Fungsi Saka Bhayangkara

Seperti yang ditulis dalam buku “Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Bhayangkara“, fungsi Saka Bhayangkara yaitu:

  1. Wadah pendidikan dan pembinaan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan di bidang kebhayangkaraan.
  2. Sarana untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif.
  3. Sarana untuk melaksanakan bakti kepada masyarakat, bangsa dan negara.
  4. Sarana untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengembangan Gerakan Pramuka

Sedangkan penjelasan dari fungsi Saka Bhayangkara diatas adalah sebagai berikut:

  1.  Fungsi yang pertama menandakan bahwa Saka Bhayangkara bukan hanya organisasi yang melatih mental semata, melainkan pengembangan ilmu mengenai pertahanan negara melalui cara yang sederhana;
  2. Fungsi kedua menandakan bahwa Saka Bhayangkara merupakan organisasi yang dapat mengisi waktu produktivitas yang hampir terbuang dengan kegiatan bermanfaat yaitu kepramukaan;
  3.  Fungsi ketiga menandakan bahwa Saka Bhayangkara merupakan media yang dapat digunakan sebagai bakti kita dalam mencintai arti pentingnya sosial bagi manusia lain dan negara;
  4. Fungsi keempat menandakan bahwa Saka Bhayangkara adalah organisasi yang dapat menumbuhkan cinta tanah air dengan mengikuti kegiatan Gerakan Pramuka yang menyenangkan.

Sekian yang dapat penulis sampaikan. Pada dasarnya sifat dan fungsi inilah yang menjadi pondasi dalam Saka Bhayangkara. Ini berpengaruh bagi para anggota maupun pimpinannya yang terkait. Salam Pramuka!

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close