Saka Bhayangkara

Penjelasan Tentang Saka Bhayangkara

HAI…Kembali lagi dengan Kanal Pramuka. Disini anda bisa menemukan apapun tentang kepramukaan.

Sudah membahas lebih jauh tentang Saka Bhayangkara tapi belum mengerti benar apa itu Saka Bhayangkara? Tenang. Kali ini penulis akan memberikan penjelasan tentang Saka Bhayangkara.

Menurut buku “Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Bhayangkara“,  Saka Bhayangkara berasal dari istilah Saka dan Bhayangkara. Kedua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda tentunya. Apakah perbedaanya? Berikut penjelasannya.

Satuan Karya Pramuka disingkat Saka adalah satuan organisasi penyelenggara pendidikan kepramukaan bagi peserta didik sebagai anggota muda untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pembinaan di bidang tertentu. Sedangkan Bhayangkara berarti penjaga, pengawal, pengaman atau pelindung keselamatan bangsa dan negara.

Jadi bisa disimpulkan Saka Bhayangkara adalah wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang Kebhayangkaraan yang berguna bagi diri pribadi, keluarga, dan lingkungan serta dapat dikembangkan menjadi lapangan pekerjaan.

Katibmas Dalam Saka Bhayangkara

Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) sesuai yang dijelaskan dalam buku “Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Bhayangkara” adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman, yang mengandung kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.

Memang pada dasarnya tujuan dari pelatihan dalam Saka Bhayangkara adalah sebagai media pengembangan diri dalam pertahanan negara.

Disamping itu, sebelum menjadi anggota Saka Bhayangkara, seseorang harus mengikuti kegiatan kepramukaan. Ini dikarenakan Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan nasional serta membangun dunia yang lebih baik.

Dasar Berdirinya Saka Bhayangkara

  1. Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
  2. Undang-Undang RI Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  3. Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2009 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
  4. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 203 Tahun 2009 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
  5. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 170.A Tahun 2008 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka.
  6. Keputusan Bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, No.Pol: KEP/08/V/1980, Nomor: 050 Tahun 1980 tentang Kerjasama Dalam Usaha Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Kebhayangkaraan dan Kepramukaan.
  7. Surat Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No.Pol: Skep/802/XI/2005 tanggal 17 November 2005 tentang Pedoman Pembinaan Satuan Karya Bhayangkara.
  8. Surat Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No.Pol: Skep/595/X/2006 tanggal 4 Oktober 2006 tentang Pedoman Syarat-syarat dan Gambar tanda Kecakapan Khusus Kelompok Kebhayangkaraan.

Karena didasari oleh hukumlah maka Saka Bhayangkara pun memiliki sistematika agar setiap kegiatan dapat tersusun secara teratur dan dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Berikut adalah penjelasan mengenai sistematika dalam Saka Bhayangkara.

Sistematika Dalam Saka Bhayangkara

Petunjuk Penyelenggaraan Saka Bhayangkara ini meliputi segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan Saka Bhayangkara, dengan sistematika sebagai berikut:

  1. Pendahuluan
  2. Tujuan dan Sasaran
  3. Sifat dan Fungsi
  4. Organisasi
  5. Keanggotaan, Hak, dan Kewajiban
  6. Dewan Saka dan Dewan Kehormatan Saka
  7. Pimpinan, Pamong, Instruktur, dan Majelis Pembimbing Saka
  8. Tugas dan Tanggungjawab
  9. Pengesahan dan Pelantikan
  10. Lambang, Bendera, Tanda Jabatan, Papan Nama, dan Stempel
  11. Kegiatan dan Sarana
  12. Musyawarah dan Rapat
  13. Administrasi Saka
  14. Pendanaan
  15. Sanggar Bakti
  16. Penutup

Apa itu Gugusdepan?

Seperti yang ditulis dan dijelaskan di dalam buku “Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Bhayangkara“, Gugusdepan adalah satuan pendidikan dan satuan organisasi terdepan penyelenggara pendidikan kepramukaan. Hal ini ada dalam organisasi Saka Bhayangkara karena pada dasarnya organisasi ini sangat terpengaruh oleh Gerakan Pramuka di Indonesia.

Sekian yang dapat penulis sampaikan untuk anda. Pada dasarnya Saka Bhayangkara memang ditujukan untuk peserta yang mau berlatih dengan sungguh-sungguh dalam menjaga pertahanan negara, yaitu Republik Indonesia. Salam Pramuka!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close