Saka Bhayangkara

Keanggotaan, Hak, dan Kewajiban Saka Bhayangkara

HAI…Kembali lagi dengan Kanal Pramuka. Disini anda bisa menemukan apapun tentang kepramukaan.

Kali ini penulis akan membahas tentang keanggotaan Saka Bhayangkara serta hak dan kewajiban apa yang dapat dikerjakan oleh anggota dalam organisasi ini. Dan seperti pada postingan sebelumnya, penulis akan melampirkan syarat menjadi anggota Saka Bhayangkara. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Anggota Saka Bhayangkara

Anggota Saka adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega putera dan puteri yang menjadi anggota gugusdepan di wilayah cabang atau rantingnya yang mengembangkan bakat, minat, kemampuan dan pengalaman di bidang keterampilan, ilmu pengetahun dan teknologi tertentu melalui salah satu bidang saka.

Seperti yang sudah penulis sampaikan di artikel sebelumnya, maka dari itu anggota Saka Bhayangkara harus berusia minimal 16-25 tahun.

Usia tersebut dianggap sudah dapat berpikir dewasa sehingga diperbolehkan mengikuti organisasi ini. Penyebabnya adalah organisasi ini merupakan bentuk sarana bakti pertahanan negara yang perlakuannya sangat serius.

Hak Anggota Saka Bhayangkara

Hak ini bukanlah sesuatu yang menjadi keinginan semata, melainkan motivasi lebih giat dalam keanggotaan Saka Bhayangkara. Berdasarkan buku “Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Bhayangkara“, yang menjadi hak setiap anggotanya yaitu:

  1. Memperoleh pendidikan dan latihan untuk mendapatkan pengalaman, keterampilan dan kecakapan di bidang Kebhayangkaraan.
  2. Menjadi Instruktur Muda di Gugusdepannya.
  3. Menjadi Dewan Saka Bhayangkara.
  4. Dapat pindah menjadi anggota Saka lainnya apabila telah Kwartir Nasional Gerakan Pramuka10 mendapatkan sekurangnya 3 (tiga) buah TKK dan sekurangnya telah berlatih selama 6 (enam) bulan.

Kewajiban Anggota Saka Bhayangkara

Kewajiban yang dijalankan pun sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Ini ditulis dalam buku “Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Bhayangkara” diantaranya:

  1. Menaati Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
  2. Menaati Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
  3. Menjaga nama baik Gerakan Pramuka dan Saka Bhayangkara.
  4. Menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku serta adat istiadat masyarakat setempat.
  5. Mengikuti dengan rajin, tekun dan disiplin segala latihan dan kegiatan Saka Bhayangkara.
  6. Mengembangkan serta menerapkan kecakapan dan keterampilannya dalam kegiatan yang bermanfaat baik bagi dirinya maupun bagi masyarakat serta bagi kepentingan kemanusiaan.
  7. Menjalankan tugas melatih bidang Kebhayangkaraan di Gugusdepannya atau di Gugusdepan lain serta bekerjasama dengan Pembina Satuan yang bersangkutan atas persetujuan Pembina gugusdepan dan sepengetahuan kwartir rantingnya.
  8. Menaati segala peraturan Gerakan Pramuka dan Saka Bhayangkara.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Gerakan Pramuka adalah dasar perilaku dan gaya hidup yang akan dibawa sampai ke tahap berikutnya, khususnya Saka Bhayangkara.

Syarat Keanggotaan Saka Bhayangkara

Seperti yang ditulis dalam buku “Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Saka Bhayangkara“, syarat menjadi anggota Saka Bhayangkara yaitu:

  1. Mendapat izin dari orang tua atau wali.
  2. Mendapat izin dari Pembina Gugusdepannya.
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Menyatakan keinginan untuk menjadi anggota Saka, secara sukarela dan tertulis.
  5. Berminat dan bersedia untuk berperan aktif dalam segala kegiatan Saka Bhayangkara.
  6. Bersedia dengan sukarela mendarmabaktikan dirinya kepada masyarakat dan sanggup menaati segala ketentuan yang berlaku.
  7. Tidak sedang menjadi salah satu anggota Saka lain.
  8. Pemuda yang berusia antara 16 sampai 25 tahun dengan ketentuan yang bersangkutan dalam waktu 1 (satu) bulan setelah menjadi anggota Saka Bhayangkara wajib menjadi anggota suatu gugusdepan Gerakan Pramuka.
  9. Calon Pramuka Penegak atau Pramuka Pandega dengan ketentuan dalam waktu 6 (enam) bulan setelah menjadi anggota Saka Bhayangkara diusahakan telah dilantik sebagai Pramuka Penegak Bantara atau Pramuka Pandega di Gugusdepannya.

Menjadi anggota Saka Bhayangkara dan mengikuti kegiatan produktivitasnya bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Melainkan menjaga sikap dan moral lah yang sangat sulit dan atau penting untuk dilakukan.

Oleh karena itu, jadikanlah setiap hak dan kewajiban yang berlaku menjadi motivasi anggota yang bijaksana dan pantang menyerah, Salam Pramuka!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close